BAIN HAM RI DPW Provinsi Jawa Barat Gelar Training CFLS dan Pendalaman Hukum


INDONESIANEWSCOVER.COM

SUKABUMI-  Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia - Republik Indonesia (BAIN HAM RI) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Barat bekerjasama dengan Auditorium Cendikia Center (ACC) menyelenggarakan Kegiatan Pendidikan Dasar Hukum yaitu Certification Training Certified Fundamental Law Science (C.FLS) bagi para Pengurus dan Anggota BAIN HAM RI DPW Jawa Barat. Pendidikan diselenggarakan pada tanggal 23 - 25 Februari 2024 sesuai dengan jadwal yang ditentukan bertempat di Gedung AUDIOTORIUM CENDIKIA CENTER beralamat di Jl. Baros – Arah Terminal Jubleg Sukabumi,Minggu ( 25/02/2024)

Dalam kegiatan Pendidikan Hukum ini dihadiri dan di ikuti (Baik secara langung maupun melalui Zoom Meeting/On Line) oleh Ketua Umum, Ketua DPP dan Ketua BAIN HAM RI DPW Jawa barat, Dewan Penasehat serta Pengurus dan Anggota BAIN HAM RI baik itu pengurus DPW dan DPD Kota dan Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat juga dihadiri oleh perwakilan dari BPSK (Badan Penyelesai Sengketa Konsumen) dan BLK (Balai Latihan Kerja dari Provinsi Jawa Barat dimana kedepan akan diadakan Kerjasama antara BAIN HAM RI dengan BPSK dan BLK – LPK guna terjalin symbiosis mutualisme antar Lembaga.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar Pengurus dan Anggota BAIN HAM RI dapat memahami tentang berbagai jenis hukum  yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) seperti yang disampaikan oleh Dewan Penasehat yaitu Assist. Prof. Dr. Hamdan Firmansyah, MMPd, MH. CT, CMT yang merupakan sebagai Nara Sumber juga Pemateri dalam kegiatan Pendidikan Hukum ini, agar Pengurus dan Anggota BAIN HAM RI dapat membantu kepada masyarakat dimana perlu pendampingan dan pemahaman hukum untuk membantu menyelesiakan permasalahan hukum yang banyak terjadi ditengah masyarakat saat ini.

Dalam kesempatan kali ini Ketua BAIN HAM RI DPW Jawa Barat yaitu Bapak Edi Junaedi, SH.,C.FLS menyampaikan harapan dan keinginannnya kedepan setelah diadakannya Pendidikan Hukum C.FLS ini diharapkan para Pengurus dan Anggota BAIN HAM RI Jawa Barat dapat lebih memahami tentang hukum agar dapat memberikan bantuan dan pendampingan hukum kepada masyarakat yang membutuhkan. Selanjutnya beliau menyampaikan rencana kedepan apabila ada rejekinya BAIN HAM RI DPW Jawa Barat akan mendirikan Lembaga Pendidikan Hukum dimana nanti para Pengurus dan Anggota bisa menimba ilmu dan belajar Hukum sehingga bagi yang belum menjadi Sarjana Hukum bisa menimba Pendidikan di Lembaga Pendidikan milik BAIN HAM RI. Begitupun bagi masyarakat yang tidak mampu tapi ingin belajar Ilmu Hukum bisa ikut di Lembaga Pendidikan Hukum yang diselenggarakan oleh BAIN HAM RI secara gratis tanpa dipungut biaya apapun asalkan dengan serius dan sungguh - sungguh untuk belajar Ilmu Hukum.

Pada kesempatan yang sama dalam kegiatan Pendidikan Dasar Hukum ini (C.FLS) Dewan Penasehat sekaligus sebagai Pemateri dalam kegiatan ini Assist. Prof. Dr. Hamdan Firmansyah, MMPd, MH. CT, CMT menyampaikan materi dan pemahaman hukum kepada peserta Pendidikan ini bahwa banyak sekali materi yang diberikan oleh beliau kepada para peserta diantaranya :

Pengertian Hukum

Tujuan Hukum

Kedudukan Hukum

Fungsi Hukum

Sumber Hukum

Asas  Hukum

Perkembangan Ilmu Hukum

Jenis - jenis Hukum

Hierarki Perundang - undangan

Lebih detil lagi dijelaskan bahwa Jenis - jenis Hukum yang ada di Indonesia saat ini diantaranya :

Hukum Pidana

Hukum Perdata

Hukum Tata Negara

Hukum Administrasi

Hukum Internasional

Hukum Konstitusi

Hukum Keluarga

Hukum Adat

Hukum Lingkungan 

Hukum Ekonomi

Hukum Islam

Serta Hukum - hukum lainnya yang dijelaskan dimana saling berkalitan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikian kegiatan Pendidikan Dasar Hukum yaitu Certification Training Certified Fundamental Law Science (C.FLS) yang diselenggarakan oleh BAIN HAM RI DPW Jawa Barat. Kedepan harapannya agar Pendidikan Hukum lainnya dapat dilakukan kembali supaya lebih menambah wawasan baru tentang hukum yang berlaku di NKRI, sehingga bisa lebih banyak membantu masyarakat yang membutuhkan pendampingan dan pemahaman tentang hukum untuk menyelesaikan permaslahan hukum yang banyak terjadi di masyarakat.( Achmad H.)

Kontributor: 

IWAN SETIAWAN, C.FLS (Wakil Ketua DPW BAIN HAM RI Provinsi Jawa Barat).

Posting Komentar untuk "BAIN HAM RI DPW Provinsi Jawa Barat Gelar Training CFLS dan Pendalaman Hukum"